Jumat, 25 Januari 2013

Berdo'a ada hujan angin


Flowchart: Connector: NS

مجلس التعليم ومعهد القرآن نو ر السلامي
MAJLIS TA’LIM  & TPQ (Taman Pendidikan al-Qur’an)
NURUS  SALAMI
Jln. Cemara 44 Rt.02/012 Kamp. Cakung Jatimekar Jatiasih Bekasi 17422 Tlp. 021 8487681

بسم الله الرحمن الرحيم
DOA ADA HUJAN DAN ANGIN


1-   Dari Aisyah istri Nabi Muhammad ia berkata: Nabi saw ketika datang angin meniup membaca do’a:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَاأُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ
Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada Engkau akan kebaikannya (angin) dan kebaikan sesuatu yang ada di dalamnya dan kebaikan sesuatu yang diutus dengannya dan aku mohon perlindungan kepada Engkau dari kejahatannya dan dari kejahatan sesuatu di dalamnya dan kejahatan sesuatu yang diutus dengannya. (HR. Muslim)

2. Dari Ibni Abbas ra berkata: Rasulullah saw ketika angin bertiup menerpa menyambutnya dengan duduk berlutut kemudian berdo’a:
اللَّهُمَّ اجْعَلْهَا رَحْمَةً ، وَلاَ تَجْعَلْهَا عَذَابًا اللَّهُمَّ اجْعَلْهَا رِيَاحًا ، وَلاَ تَجْعَلْهَا رِيحًا
Ya Allah jadikanlah   ia sebagaai rahmat dan jangan Engkau jadikannya sebagai adzab, jadikanlah ia berbagai angin ( yang menyenangkan) jangan Engkau jadikannya  sebagai angin (yang membahayakan) (HR.al-Syafi’i)


3. Dari Salim bin Abdillah bin Umar dari ayahnya bahwa Rasulullah saw ketika mendengar suara geledek dan petir beliau berdo’a:
اللَّهُمَّ لَا تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ وَلَا تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ
Ya Allah janganlah Engkau mematikan kami dengan murka-Mu dan janganlah Engkau membinasakan kami dengan azab-Mu dan selamatkanlah kami sebelum demikian itu (HR. Turmudzi)

4. Dari Amir bin Abdillah bin Zubair bahwa ia ketika mendengar geledek tinggalkan berbicara (diam) dan berdo’a:
سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ
Maha suci Dzat (Allah) yang membaca tasbih oleh geledek dengan memuji-Nya dan para malaikat karena takut  dari pada-Nya (HR. Malik)

5. Dari Aisyah bahwa Rasulullah saw jika melihat hujan berdo’a:

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
Ya Allah berilah kami hujan yang bermanfaat (HR Bukhari)

6.  Dari Anas bin Malik bahwa ada seorang laki-laki masuk ke masjid pada hari Jum’at dari pintu arah Dar al-Qadha’ Rasulullah saw sedang berkhutbah. Laki-laki itu berdiri menghadap Rasulullah berkata: Y a Rasulullah  binasa segala harta dan terputus seluruh jalan (akibat hujan dan angin), doakanlah kepada Allah agar menolong kepada kita. Rasul angkat kedua tangannya seraya berdoa:
اللَّهُمَّ أَغِثْنَا اللَّهُمَّ أَغِثْنَا اللَّهُمَّ أَغِثْنَا
Ya Allah berlah kami pertolongan 3 x
Pada hari  Jum’at berikutnya terjadi yang sama laki-laki itu mohon do’a Rasul agar Allah menahan dari kita, Rasul angkat tangan berdo’a:
اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا اللَّهُمَّ عَلَى الْآ كَامِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
Ya Allah ! Timpakan hujan di sekitar kita dan jangan Engkau timpakan pada kita. Ya Allah timpakan hujan di tanah lapang, di daerah pergunungan, di perut-perut lembah dan di tempat tumbuhnya pepohonan (H.R. Bukhari)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar