Jumat, 27 Desember 2013

Strategi Pengembangan Perkuliahan di PT



STRATEGI PENGEMBANGAN
PEMBELAJARAN HADIS PADA PTAI
                                    Oleh  Dr.H.Abdul Majid Khon, M.Ag[1]

A.    Pengantar
Ada dua bentuk obyek dalam pembelajaran  mata kuliah Hadis dan Ilmu Hadis. Pertama ; pembelajaran  matan/ isi/ content Hadis. Kedua ; pembelajarann sanad/ estafetas  personal  periwayat Hadis  dari masa timbulnya yakni pada masa Nabi saw sampai dengan masa kodifikasinya yakni abad ke-2 atau ke-3 Hijriyah. Kedua bentuk pembelajaran  tersebut saling berkaitan, karena content Hadis dapat dianggap valid manakala disertai dengan silsilah sanad yang valid pula. pembelajaran  pertama biasanya menurut para pakar Hadis disebut pembelajaran internal Hadis sedangkan yang kedua disebut studi eksternal Hadis.  Pemebalajaran  internal content Hadis yang tidak disertai dengan pembalajaran eksternal silsilah sanad yang valid atau disertainya tetapi jika seluruh personal dalam sanad tidak memiliki kredebilitas yang tinggi   dapat ditolak, Hadisnya disebut tidak shahih.